Kamis, 16 April 2020

Persit KCK XXIV Kodim Batang Membuat Masker Kain Guna Penui Kebutuhan Masker Prajurit Dan Keluarga


Anggotab Perasit KCK XXIV saat membuat masker dengan bahan kain katun






BATANG-kplnews-  Guna memenuhi kebutuhan masker bagi prajurit kodim 0736/Batang dan keluarga, Persatuan Istri Prajurit (Persit)  Kartika Chndra Kirana (KCK)  cabang XXIV Kodim Batang membuat masker kain.

Ide awal produksi masker tersebut merupakan hasil karya  Ketua persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXIV Kodim 0736/Batang Ny. Melina Henry Napitupulu, kemudian teknik cara pembuatanya dilatihkan kepada para ibu pengurus cabang maupun ranting melalui belajar bareng dikantor persit,"ucap Ny. Melina pada hari Kamis (16/4/20).

Upaya ini dilakukan di tengah pandemi COVID-19, agar seluruh anggota persit Kodim Batang mampu berdaya guna dan memanfaatkan waktunya dirumah masing masing dengan membuat masker sebagai pelindung diri dalam menangkal COVID-19.

Dikatakan Ny. Melina Henry Napitupulu, " Kami sengaja membuat masker kain ini dengan menggunakan jahitan tangan, supaya seluruh ibu ibu persit dengan mudah dan mampu membuatnya, dengan menggunakan kain dua lapis depan dan belakang akan lebih efektif jika digunakan untuk perlindungan diri dari virus COVID-19 sebagai penganti masker. 

'' Tentunya dengan upaya ini seluruh keluarga persit kalau keluar rumah harus menggunakan masker, dan tidak menjadi alasan ditengah sulitnya kelangkaan masker dipasaran.

Ny. Melina juga menambahkan, '' Setelah kebutuhan keluarga mereka terpenuhi, maka ibu ibu persit juga akan membuat masker untuk dibagikan kefamily, tetangga bahkan ke semua kalangan. '' tuturnya

Beliau juga Menyarankan "Selalu gunakan masker dimanapun anda berada, apalagi saat anda berada diluar rumah" masker yang kita buat bisa dipakai berulangkali, karena terbuat dari kain katun yang spesial untuk pembuatan masker.

Untuk memerangi covid-19 para istri prajurit yang sudah stay at home juga harus bisa membuat masker untuk diri sendiri dan keluarga dengan tehnik yang lebih mudah seperti yang sudah diajarkan, sehingga siapapun yang tidak bisa memakai mesin jahit bisa dijahit mengunakan jahitan tangan, yang penting jahitan rapi dan bisa digunakan untuk masker keluarga.

Cara perawatan masker ini juga mudah, setelah masker dipakai saat kita sudah berada dirumah masker harus diseterilkan dengan cara semprot menggunakan cairan disinfektan seperti detol, alkohol atau vanis lalu jemur dibawah panas sinar matahari. 

Kalau kiranya sudah keliatan kotor masker bisa dicuci dengan deterjen kalau perlu disetrika dan disemprot pewangi supaya keliatan bersih dan aromanya wangi saat kita pakai kembali. '' Pungkas Ny. Melina Henry Napitupulu. 




Masker produksi persit KCK XXIV dibagikan kepada prajurit



Sementara salah satu anggota Koramil 10/Batang, Pelda Sucipto, yang mewakili seluruh rekan rekan prajurit mengucapkan terimakasih kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang  XXIV Ny. Melina Henry Napitupulu atas kreatifitasnya dan bentuk perhatian kepada prajurit, semoga masker yang dibagikan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi para prajurit dalam menjalankan tugas sehari hari._@sarjito.s90

Tidak ada komentar:

Posting Komentar