Jumat, 22 November 2019

Forkompimda Batang Bersama Elemen Masyarakat Bersihkan Sungai


Forkompimda Batang Melaksanakan Giat Bersih-bersih sungai





BATANG -Kplnewsmedia.blogspot.com - Forum komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkompimda) Kabupaten Batang bersama jajaran kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) terkait serta elemn masyarakat, melaksanakan kegiatan bersih-beraih sungai, di wilayaj kelurahan karangasem utara kec.batang kab.batang, jumat 21/22/19.    

Nampak terlihat hadir dalam kegiatanta tersebut diantaranya; Dr.H.Wihaji,S.Ag,M.Pd (Bupati Batang), H.Suyono,S.IP,M.SI (Wakil Bupati Batang), Letkol. Kav. Henry R.J Napitupulu (Dandim 0736/Batang), AKBP. Edi S. Sinulingga (Kapolres Batang), Sejumlah kepla OPD, serta elemen masyarakat dari komunitas peduli lingkungan. 

              

Forkompimda Ikut Turun  Langsung  Dalam Kegiatan Bersih-bersih Sungai


Bupati Wihaji, dalam kesempatan tersebut menyampaikn beberapa hal diantaranya; Sampah tersebut berpotensi menjadi biangnya banjir di Kota Batang, pasalnya tumpukan sampah menutup dan menyumbat aliran sungai pada saat musim penghujan.

 Gunungan sampah ada dibeberapa titik - titik saluran air sungai yang menyumbat aliran sungai. Maka sebelum musim penghujan saya bersama komunitas bersih - bersih sampah.

Perlu di sadari oleh masyarakat, masalah sampah tidak bisa di kerjalan oleh Pemkab saja, harus ada peran keterlibatan masyatakat yang peduli dengan lingkunganya untuk bersama menjaga sungai agar terbebas dari sampah. 

Gerakan ini sebagai inspirasi saja, kedepan saya perintahkan lurah, camat bersama masyarakat secara rutin bersihkan sampah di saluran sungai dan titik - titik penyumbatan.

Gerakan ini sebagai langkah antisipasi banjir, karena Batang terutama Kelurahan Karangasem Utara, Desa Klidang Lor dan Desa Kalipucang menjadi langganan banjir tiap tahun. 

Saya berkeingnan agar sungai di Batang menjadi halaman depan rumah warga, tidak lagi menjadi halaman belakang rumah warga. Karena kalau didepan rumah akan lebih terawat dan terjaga kebersihanya dari pada di belakang rumah.

Sementara Kordinator Komunitas peduli lungkungan Budah Laylaily mengatakan, gerakan bersih sampah sebagai motivasi warga, agar berprilaku hidup sehat dan bersih dengan tidak membuang sampah di sungai. 

Sungai menjadi tanggungjawab kita bersama karena kondisi dilapangan sungai menjadi tempat pembuangan sampah, jadi jangan menyalahkan Pemkab kalau banjir," kata  Budah Laylaily 

Ia juga mengatakan kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya sangat kurang sekali, warga masih semena - mena membuang sampah di sungai. 

Banyak sampah plastik, pempers dan sampah  rumah tangga yang di buang di sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar